Kamis, 08 November 2012

Jokowi Batal Hadiri Kegiatan Bersih Sampah di Pantai Jakarta


JAKARTA, KOMPAS.com — Kegiatan membersihkan sampah yang melibatkan prajurit Korps Marinir TNI AL beserta unsur Pemerintah Kota Administratif Jakarta Utara dan juga lapisan masyarakat di sepanjang 32 kilometer pantai Jakarta resmi dilakukan. Acara seremoni yang dilangsungkan di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, ini rencananya akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.
Namun, Jokowi—sapaan akrabnya—berhalangan hadir karena ada agenda yang harus diikuti di tempat lain. Hal ini pun disampaikan langsung oleh Wali Kota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono.
"Beliau ada acara mendadak di Lemhannas, pagi ini, sehingga beliau tidak bisa diwakilkan di sana (di Lemhannas). Beliau kemudian memerintahkan saya untu mewakili," kata Bambang kepada wartawan, Kamis (8/11/2012).
Bambang mengatakan, Gubernur pada lain kesempatan akan tetap menyambangi wilayah pantai di Jakarta Utara. "Mungkin saya sampaikan lagi kapan beliau (Jokowi) akan datang ke sini. Karena beliau sudah berjanji akan melihat seluruh pantai-pantai di utara," ujar Bambang.
Kegiatan membersihkan sampah itu, menurut Bambang, merupakan kegiatan antisipasi memasuki musim penghujan. Berbagai pihak yang dilibatkan bahu-membahu membersihkan sampah-sampah yang menumpuk pada setiap pinggiran pantai. Berbagai wilayah yang akan dibersihkan itu meliputi pantai-pantai di Marunda, Cilincing, Kalibaru, Ancol, Pluit, Kapuk Muara, dan Kamal Muara.
"Kegiatan tetap berlangsung, hari ini merupakan pembukaannya sampai dengan penutupan tanggal 10 November. Ada tujuh titik sampai di Kamal Muara, masing-masing titik ada 200 sampai 400 orang gabungan dari Marinir, masyarakat, pemerintah kota," katanya.
Bambang berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, sampah di pesisir pantai yang disebutnya mencapai 92 ton per hari dan datang dari berbagai penjuru (gabungan) sungai yang bermuara di pantai utara ataupun sampah masyarakat dapat dibersihkan dan berkurang jumlahnya.
"Dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan dari 92 ton itu bisa berkurang 90 ton, jadi hanya 2 ton sehari," kata Bambang.
Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, menurut rencana, akan menghadiri acara seremoni bersih sampah di pantai Jakarta yang dilangsungkan di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memeriahkan HUT ke-67 Korps Marinir. Alat berat dan sejumlah truk pun disediakan untuk mengangkut sampah yang ada di pesisir pantai Jakarta Utara.
Berita terkait dapat diikuti di topik:
Editor :
Hertanto Soebijoto

Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di gaptek32

Ads here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2012 gaptek template v3 - All Rights Reserved | Powered by Blogger